Kamis, 28 Agustus 2014

Solusi : "Windows could not determine if this computer contains a valid system volume"

Ini adalah pengalaman saya saat akan menginstall Windows Server  2008 R2 diatas server dengan Motherboard Intel S5500BC. Pada proses instalasi, di bagian partisi hardisk, saya telah mengalokasikan partisi hardisk sebagai drive C:\. Setelah menekan tombol Next untuk melanjutkan instalasi, ternyata instalasi tidak dapat berlanjut, dan pesan yang muncul adalah sebagai berikut :
"Installation Canceled"
"Windows could not determine if this computer contains a valid system volume"

Saya terdiam berfikir sejenak "Kenapa kok windows Server 2008 tidak bisa diinstall di Motherboard Intel S5500BC ya ? Apakah menginstall Windows Server di Motherboard intel ini harus menggunakan cara khusus ? Tidak seperti menginstall di PC biasa ?". Akhinya setelah meninggalkan sejenak pekerjaan ini, untuk bersantai serta menyegarkan pikiran demi mendapatkan solusi dari masalah ini, Alhamdulillah akhirnya ada solusi yang tepat. Ternyata masalah penyebabnya sangat sederhana, yaitu USB Flashdisk yang saya colokkan di salah satu USB Port adalah penyebabnya. Setelah saya mematikan PC Server ini, mencabut USB Flashdisk, kemudian memulai instalasi dari awal lagi instalasi pun berjalan lancar hingga selesai.

Demikianlah pengalaman yang kecil namun berharga ini. Selamat belajar dan berkarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar